Total Tayangan Halaman

Minggu, 30 Januari 2011

Contoh PTK Matematika Kelas 6

UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DAN KREATIVITAS PEMBELAJARAN MATEMATIKA DALAM MENENTUKAN
LETAK SUATU BENDA PADA DIAGRAM KARTESIUS
MELALUI PENGGUNAAN METODE DEMONSTRASI
PADA SISWA KELAS VI SD NEGERI 1 GESIKAN








Laporan ini Disusun dan Diajukan untuk Memenuhi Tugas
Mata Kuliah Pemantapan Kemampuan Profesional (PDGK 4501)
pada Program Studi S1 PGSD FKIP Universitas Terbuka







Oleh
NURHIDAYAT
NIM 817279156





UNIVERSITAS TERBUKA
FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
UPBJJ PURWOKERTO
2010
LEMBAR IDENTITAS DAN PENGESAHAN
LAPORAN HASIL PERBAIKAN PEMBELAJARAN


Laporan ini disusun dan diajukan untuk memenuhi tugas Mata Kuliah Pemantapan Kemampuan Profesional (PDGK 4501) pada Program Studi S-1 PGSD FKIP Universitas Terbuka.
Nama Mahasiswa : Nurhidayat
N I M : 817279156
Pokjar : Karangsambung
Tempat mengajar : SD Negeri 1 Gesikan, UPT Dinas Dikpora Unit Kec. Kebumen, Kab. Kebumen
Pembelajaran : Matematika
Kelas/Semester : VI / 2
Waktu Pelaksanaan : Siklus I : Tanggal 17 dan 18 Maret 2010
Siklus II : Tanggal 23 dan 24 Maret 2010
Masalah yang menjadi fokus perbaikan dalam penelitian ini adalah:
1. Apakah penggunaan metode demonstrasi dalam pembelajaran Matematika dengan Kompetensi Dasar Menentukan posisi titik dalam sistem koordinat dapat membantu siswa mempermudah memahami materi?
2. Apakah penggunaan metode demonstrasi dalam pembelajaran Matematika dengan Kompetensi Dasar Menentukan posisi titik dalam sistem koordinat dapat meningkatkan kesungguhan siswa dalam pembelajaran?
3. Apakah penggunaan metode demonstrasi dalam pembelajaran Matematika dengan Kompetensi Dasar Menentukan posisi titik dalam sistem koordinat dapat meningkatkan prestasi hasil belajar dan kreativitas siswa?

Menyetujui, Purwokerto, 15 Juni 2010
Supervisor Mahasiswa

Ari Sulistiyowati, S.Pd, M.Pd Nurhidayat
NIP. 19720923 199802 2 002 NIM. 817279156
ABSTRAK

Nurhidayat. 817279156, 2010, Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Dan Kreativitas Pembelajaran Matematika Dalam Menentukan Letak Suatu Benda Pada Diagram Kartesius Melalui Penggunaan Metode Demonstrasi Pada Siswa Kelas VI SD Negeri 1 Gesikan Tahun Pelajaran 2009/2010.
Dengan adanya berbagai masalah yang dihadapi dalam rangka peningkatan mutu pendidikan guna meningkatkan hasil belajar siswa, maka peneliti mengadakan Penelitian Tindakan Kelas. Tujuan pelaksanaan penelitian tindakan kelas adalah untuk menganalisis dampak penggunaan metode demonstrasi dalam pembelajaran Matematika dengan Kompetensi Dasar Menentukan posisi titik dalam sistem koordinat terhadap: (1) kemudahan siswa dalam memahami materi pembelajaran; (2) peningkatan kesungguhan siswa dalam proses pembelajaran; (3) peningkatan prestasi hasil belajar dan kreativitas siswa. Penelitian ini dilakukan melalui proses pengkajian berdaur (PTK) yang meliputi empat tahapan yaitu perencanaan (planning), pelaksanaan (action), observasi (observation), dan refleksi (reflection). Proses pelaksanaan penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, setiap siklus terdiri dari empat jam pelajaran dua kali pertemuan. Untuk mengukur kemampuan siswa dalam menguasai materi yang telah diberikan setiap akhir siklus diadakan evaluasi. Adapun data tentang hasil belajar yang diperoleh adalah sebagai berikut: nilai rata-rata pada studi awal adalah 60,19, dengan ketuntasan belajar 33,33% ; nilai rata-rata siklus I adalah 64,44 dengan ketuntasan belajar 40,7%; nilai rata-rata siklus II adalah 86,67 dengan ketuntasan belajar 96,3%. Dari hasil analisis data, kesimpulan yang diperoleh dari pengkajian ini adalah: (1) Penggunaan metode demonstrasi dalam pembelajaran Matematika dengan Kompetensi Dasar Menentukan posisi titik dalam sistem koordinat dapat membantu siswa mempermudah memahami materi. (2) Penggunaan metode demonstrasi dalam pembelajaran Matematika dengan Kompetensi Dasar Menentukan posisi titik dalam sistem koordinat dapat meningkatkan kesungguhan siswa dalam pembelajaran. (3) Penggunaan metode demonstrasi dalam pembelajaran Matematika dengan Kompetensi Dasar Menentukan posisi titik dalam sistem koordinat dapat meningkatkan prestasi hasil belajar dan kreativitas siswa. (4) Jumlah anggota kelompok 3 siswa dalam kelompok kerja dapat memungkinkan siswa bekerja secara efektif dan aktif dalam kelompok. (5) Faktor lain yang memberikan kontribusi pada peningkatan hasil perbaikan pembelajaran adalah pemberian kesempatan kepada setiap siswa untuk melakukan peragaan dalam kelompoknya. Sehingga masing-masing siswa memperoleh pengalaman belajar melalui pengalaman langsung dan melakukan sendiri. (6) Ada korelasi positif antara kesungguhan belajar siswa dengan hasil belajar siswa, semakin tinggi kesungguhan belajar siswa semakin tinggi pula angka keberhasilan siswa dalam belajar. (7) Pembelajaran akan lebih efektif bila dalam proses pembelajaran memperhatikan perkembangan kognitif siswa. Sehingga siswa mempunyai kesungguhan dalam belajar.






KATA PENGANTAR

Puji syukur terpanjatkan ke hadirat Illahi Robbi, karena atas perkenaan dan Ridho-Nya, penyusun laporan penelitian tindakan kelas yang berjudul “Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Dan Kreativitas Pembelajaran Matematika Dalam Menentukan Letak Suatu Benda Pada Diagram Kartesius Melalui Penggunaan Metode Demonstrasi Pada Siswa Kelas VI SD Negeri 1 Gesikan” dapat diselesaikan tepat waktu.
Penulisan laporan ini merupakan syarat untuk melengkapi tugas mata kuliah Pemantapan Kemampuan Profesional (PKP).
Guru memiliki peran dan fungsi yang sangat strategis dalam penyelenggaraan pembelajaran bahkan dapat dikatakan bahwa guru merupakan jantungnya pembelajaran dalam rangka mencapai tujuan. Oleh karena itu, sosok guru yang profesional semakin diperlukan keberadaannya.
PKP merupakan salah satu mata kuliah yang wajib diikuti oleh mahasiswa S1 PGSD, mata kuliah ini membekali mahasiswa untuk meningkatkan kemampuan mengajar secara profesional melalui berbagai kegiatan dalam menemukan dan mengatasi masalah pembelajaran yang dikelolanya, melalui Penelitian Tindakan Kelas (PTK).
Penyusunan laporan perbaikan pembelajaran ini tidak terlepas dari bantuan berbagai pihak. Untuk itu, pada kesempatan yang baik ini, penulis menyampaikan ucapan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada:
1. Kepala Unit Program Belajar Jarak Jauh Universitas Terbuka Purwokerto;
2. Ibu Ari Sulistoyowati, S.Pd, M.Pd selaku dosen pembimbing dalam penulisan laporan ini;
3. Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Kebumen;
4. Kepala UPT Dinas Dikpora Unit Kecamatan Kebumen beserta staf;
5. Segenap pengurus Pokjar Karangsambung yang telah membantu terlaksananya perkuliahan ini;
6. Kepala SD Negeri 1 Gesikan beserta rekan-rekan guru yang telah memberi dorongan dan dukungan selama pelaksanaan PTK;
7. Ibu Sukarsih, A.Ma, yang telah membantu dalam pengumpulan data;
8. Siswa-siswi kelas VI SD Negeri 1 Gesikan;
9. Semua pihak yang tidak dapat penulis sebutkan satu persatu, yang telah membantu tersusunnya laporan ini.
Penulis menyadari bahwa laporan ini masih jauh dari sempurna, oleh karena itu, saran dan kritik yang membangun sangat penulis harapkan demi sempurnanya laporan ini.
Akhirnya penulis berharap, semoga laporan ini dapat menjadi salah satu alternatif yang dapat membantu mengatasi masalah yang dihadapi dalam pembelajaran di SD, khususnya di SD Negeri 1 Gesikan, UPT Dinas Dikpora Unit Kecamatan Kebumen, Kabupaten Kebumen.



Kebumen, 15 Juni 2010



Penulis











DAFTAR ISI

Halaman
LEMBAR JUDUL i
LEMBAR IDENTITAS DAN PENGESAHAN ii
ABSTRAK iii
KATA PENGANTAR iv
DAFTAR ISI vi
DAFTAR TABEL vii
DAFTAR GAMBAR viii
DAFTAR LAMPIRAN ix

BAB I PENDAHULUAN
A. Latar Belakang Masalah 1
B. Rumusan Masalah 3
C. Tujuan Penelitian 4
D. Manfaat Penelitian 4

BAB II KAJIAN PUSTAKA
A. KerangkaTeori 6
B. Kerangka Berpikir 22
C. Hipotesis Tindakan 24
D. Indikator dan Kriteria Keberhasilan 24

BAB III PELAKSANAAN PERBAIKAN PEMBELAJARAN
A. Subjek Penelitian 26
B. Prosedur Penelitian 27
C. Data, Teknik Pengumpulan, dan Analisis Data 31
D. Deskripsi per Siklus 32

BAB IV HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN
A. Deskripsi per Siklus 42
B. Pembahasan 52

BAB V KESIMPULAN, SARAN DAN TINDAK LANJUT
A. Kesimpulan 55
B. Saran dan Tindak Lanjut 56

DAFTAR PUSTAKA
LAMPIRAN








DAFTAR TABEL

Tabel Halaman
4.1. Rekapitulasi Nilai Tes Formatif Pembelajaran Matematika Konsep Sistem Koordinat Siklus I ..

4.2. Rekapitulasi Kesungguhan Siswa dalam Mengikuti Pembelajaran Siklus I

4.3. Rekapitulasi Nilai Tes Formatif Pembelajaran Matematika Konsep Sistem Koordinat Siklus II

4.4. Rekapitulasi Kesungguhan Siswa dalam Mengikuti Pembelajaran Siklus II

4.5. Komentar Siswa Mengenai Peragaan

4.6. Rekapitulasi Ketuntasan Belajar Siswa pada Setiap Siklus Kegiatan Perbaikan Pembelajaran

4.7. Rekapitulasi Peningkatan Kesungguhan Belajar Siswa untuk Setiap Siklus Kegiatan Perbaikan Pembelajaran



43

44

46


47
48

48


50





















DAFTAR GAMBAR

Gambar Halaman
2.1 Komponen Belajar Aktif dan Pendukungnya dalam Konteks PBM 13
2.2 Kerangka Berpikir Penelitian Tindakan Kelas 23
3.1 Daur Penelitian Tindakan Kelas 29
3.2 Bagan Alur Proses Perbaikan Pembelajaran 30
4.1. Diagram batang perbandingan angka ketuntasan, siswa yang belum tuntas, dan nilai rata-rata kelas pada setiap siklus kegiatan perbaikan pembelajaran 49
4.2. Diagram batang peningkatan kesungguhan belajar siswa pada setiap siklus kegiatan perbaikan pembelajaran 50
















DAFTAR LAMPIRAN

Lampiran Halaman
1. Rencana Perbaikan Pembelajaran Siklus I 60
2. Daftar Nilai Tes Formatif 68
3. Analisis Penilaian Tes Formatif 69
4. Lembar Pengamatan Siswa 70
5. Lembar Observasi Perbaikan Pembelajaran 71
6. Rencana Perbaikan Pembelajaran Siklus II 72
7. Daftar Nilai tes Formatif 80
8. Analisis Penilaian Tes Formatif 81
9. Lembar Pengamatan Siswa 82
10. Lembar Observasi Perbaikan Pembelajaran 83
11. Lembar Observasi 84
12. Format Kesediaan Sebagai Teman Sejawat dalam Penyelenggaraan PKP 86
13. Surat Pernyataan 87

1 komentar:

  1. SD NEGERI NEGARAJATI 04
    UPT DINAS PENDIDIKAN PEMUDA DAN OLAH RAGA
    KECAMATAN CIMANGGU


    BalasHapus